Pembahasan E-commerce

 AHMAD IRFAN KAMIL
 (0503183307)
Perbankan Syariah 5 B
E- commerce












Definisi E-commerce 

    Pengertian E Commerce atau electronic commerce adalah aktivitas jual beli dengan memanfaatkan perangkat teknologi dan internet. Baik penjual maupun pembeli, keduanya harus terhubung dengan internet untuk melakukan transaksi. E-commerce merupakan suatu istilah yang sering digunakan atau didengar saat ini yang berhubungan dengan internet, dimana tidak seorangpun yang mengetahui jelas pengertian dari e-commerce tersebut. Berikut akan dipaparkan pengertian e-commerce menurut para ahli :             

  a. Perdagangan elektronik atau yang disebut juga e-commerce, adalah penggunaan jaringa  komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser Web untuk membeli dan menjual produk. McLeod Pearson (2008 : 59).
     b. Menurut Shely Cashman (2007 : 83) E-commerce atau kependekan dari elektronik commerce (perdagangan secara electronic), merupakan transaksi bisnis yang terjadi dalam jaringan elektronik, seperti internet. Siapapun yang dapat mengakses komputer, memiliki sambungan ke internet, dan memiliki cara untuk membayar barang-barang atau jasa yang mereka beli, dapat berpartisipasi dalam e-commerce.

Jenis- jenis E- commerce

E-commerce dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan karakteristiknya
yaitu:

    A. Business to Business (B2B)
Business to Business memiliki karakteristik:

  1. Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudahterjalin hubungan yang berlangsung cukup lama. Informasi yang dimilikihanya ditukar dengan partner tersebut.
  2. Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala denganformat data yang telah disepakati bersama.
  3.  Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untukmengirimkan data.
  4.  Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processingintelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

    B. Business to Consumer (B2C)
            Business to Consumer memiliki karakteristik :
  1. Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula dandapat diakses secara bebas.
  2. Servis yang digunakan bersifat umum, sehingga dapat digunakan olehorang banyak. Sebagai contoh, karena sistem web sudah umum digunakanmaka service diberikan dengan berbasis web.
  3. Servis yang digunakan berdasarkan permintaan. Produsen harus siapmemberikan respon sesuai dengan permintaan konsumen.
  4. Sering dilakukan sistem pendekatan client-server.

     C. Cosumer to Consumer (C2C)

    Jenis e-commerce ini dilakukan dari konsumen ke konsumen. Klasifikasinya terdiri dari 2 model, yaitu classfied dan marketplace. Kalau dalam classified,buyer dan seller melakukan transaksi secara langsung. Sedangkan dalam marketplace, konsumen (penjual) memerlukan platfrom untuk tempat melakukan transaksi. Contoh:marketplace adalah shopee.

      D. Customer to Busines (B2C)

    Customer to Busines adalah model bisnis dimana konsumen (individu) menciptakan nilai, dan perusahaan mengkonsumsi nilai ini. Sebagai contoh, ketika konsumen menulis review, atau ketika konsumen memberikan ide yang berguna untuk pengembangan produk baru, maka individu ini adalah yang menciptakan nilai bagi perusahaan, jika perusahaan tersebut mengadopsi input nya. Sebagai contoh, Priceline.com merupakan situs yang memungkinkan seseorang menjual barang kepada perusahaan. Dalam hal ini, internet dapat digunakan sebagai sarana negosiasi.

Manfaat E- commerce

  1. mempermudah komunikasi antara produsen dan konsumen
  2. mempermudah pemasaran dan  promosi barang jasa
  3. memperluan jangkuan calon konsumen dengan pasar yang luas
  4. mempermudah proses penjualan dan pembelian
  5. mempermudah pembayaran karna dapat dilakukan secara online
  6. mempermudah penyebaran informasi

Metode pembayaran E-commerce

  1. Pembayaran Elektronik : Transaksi COD adalah jenis transaksi paling aman, karena pembeli dan penjual akan bertemu langsung untuk melakukan transaksi. Istilahnya ada uang ada barang. Beberapa jasa pengiriman melayani transaksi metode COD yang mampu meminimalisir penipuan online.
  2.   Pembayaran Cash On Delivery ( Cash On Delivery ) :  Pembeli mentransfer sejumlah uang pada pihak penjual, baik melalui mesin atm ataupun perangkat mobile perbankan. Setelah pembayaran dilakukan pesanan akan diproses baik secara otomatis ataupun manual
  3. Pembayaran lewat Transfer :Pembayaran elektronik adalah pembayaran dengan menggunakan pembayaran non-tunai. Misalnya dengan menggunakan Gopay, internet banking, m-banking, Ovo, dana, linkaja dll.



Sumber bacaan : 
https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/575/jbptunikompp-gdl-widyahardh-28737-9-unikom_w-i.pdf
https://idcloudhost.com/pengertian-e-commerce-dan-contohnya-komponen-jenis-dan-manfaat-e-commerce/
https://idcloudhost.com/pengertian-e-commerce-dan-contohnya-komponen-jenis-dan-manfaat-e-commerce/



Komentar

Posting Komentar